6 tips-tips sehat dan produktif Ramadhan di Tengah Pandemi COVID-19


Alhamdulillah kita diizinkan Allah SWT, berjumpa dengan  bulan yang penuh berkah bagi umat agama Islam yaitu, bulan Ramadhan. Banyak keutamaan di dalamnya, tentunya sebagai seorang yang beriman kita patut bergembira akan datangnya bulan Ramdhan. 

Ditengah Dunia yang masi mengahadapi pandemi COVID-19 sehingga kita dihadapkan pada situasi yang penuh kewaspadaan ini, Tanpa menurunkan kewaspadaan dalam menghadapi pendemi ini, mari tetap  sambut Ramadhan tanpa kepanikan,  meningkatkan kesabaran dan meningkatkan ibadah dalam melaksanakan ketaatannya.

Biasanya pada Bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang dinanti-nanti oleh para umat muslim. Pada bulan Ramadhan seringkali dijadikan sebagai moment untuk lebih dekat dengan Sang Pencipta dengan beribadah secara berjamaah dan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman saat berbuka puasa. Namun dengan adanya  COVID-19 ini,  untuk mencegah penularan virus tersebut maka dia anjurkan untuk  mentertibkan Protokol kesehatan yang telah di tetapkan.

Protokol kesehatan 3M wajib dilaksanakan, yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain. Meski demikian, Ramadan tetap bisa kamu lalui dengan hikmat, apalagi jika menerapkan tips-tips sehat dan produktif di bawah ini :


1. Penuhi kebutuhan nutrisi

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa adalah dengan mengonsumsi multivitamin kesehatan. Jenis mulitvatamin yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh seseorang sehingga tidak bisa disamaratakan. Suplemen khusus Ramadan berupa multivitamin yang dibutuhkan tubuh meliputi vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi, habbatussauda dan sari kunyit (turmeric).

Saat berpuasa, kamu dilarang makan dan minum mulai dari subuh hingga magrib. Agar tidak kekurangan energi serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, kamu perlu mengonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka.

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat, seperti makanan cepat saji (fast food), gorengan, dan makanan yang banyak mengandung gula. Kurangi juga konsumsi minuman yang manis serta minuman berkafein, seperti teh dan kopi, karena dapat memicu dehidrasi. makanlah makanan dengan gizi yang seimbang, terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat. Makanan dengan gizi seimbang dapat menjaga tubuh tetap bugar saat puasa.

Jangan sampai kita melewatkan sahur saat puasa karena ini bisa mengakibatkan menjadi lemas dan tubuh tidak bugar selama seharian penuh. Pilihlah makanan yang mengandung pati untuk memperoleh energi dan juga berserat tinggi, agar puasa dapat dijalani dengan lancar.


2. Perhatikan kondisi kesehatan khusus

Selama bulan Ramadhan, kita juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan khusus yang dialami. Misal, bagi Anda yang kerap bermasalah dengan maag atau gastritis, agar puasa lancar, hindari mengkonsumsi makanan yang bisa membuat kondisi ini kambuh. 

dapat juga  berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalani puasa. Ini dimaksudkan agar kita tetap bisa mengonsumsi obat-obatan atau vitamin yang diperlukan selama puasa berlangsung.


3. Istirahat yang cukup

Selama bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang bangun dini hari untuk melakukan sholat. apa lagi   ibu rumah tangga yang bangun sangat awal untuk menyiapkan sahur , tetapi kamu  tetap usahakan agar waktu tidurmu tidak berkurang supaya kesehatan kamu tetap terjaga

Usahakan untuk tidur selama 6-8 jam per hari guna mencegah kelelahan dan rasa capek selama menjalankan ibadah.


4. Perhatikan kebersihan

Di saat puasa ditengah pandemi Covid 19 ini kita sangat perlu Menjaga sistem imun tubuh, di sebab kan Kebutuhan nutrisi harian mungkin tidak terpenuhi semuanya jika kamu tidak cermat dalam menjaga kesehatan, tubuh harus terhindar dari berbagai macam penyakit agar tetap sehat.

Selain membersihkan hati di bulan Ramadhan kita juga harus lebih memperhatikan kebersihan lingkungan kita untuk menghijdari penyakit, Dengan diri dan lingkungan yang bersih dapat menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar yang dibutuhkan selama pandemi COVID-19 dan juga saat puasa.


5. Tetap berolahraga 

Olahraga di bulan suci Ramdhan ini,  Tidak perlu mencoba olahraga yang terlalu berat, asalkan badan tetap berkeringat dan bergerak. bukan berarti puasa bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari, Meski sedang berpuasa, kita harus tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin.

Lakukanlah olahraga 3–5 kali seminggu dengan durasi 15–30 menit. Pilih olahraga yang ringan dan tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat atau hanya berjalan santai di sekitar perumahan.



6. Menyusun jadwal

Alangka baiknya jika kita menusun  jadwal aktivitas selama Ramadhan,  dengan membagi waktu beristirahat, beribadah, juga waktu untuk bekerja , agar kita dapoat mengatur aktivitas kita dalam berpuasa sehinga tidak kelelahan karena serangkaian aktivitas yang dilakukan


Dengan menerapkan tips-tips di atas selama bulan Ramadan, kamu bisa tetap beribadah dengan lancar, sekaligus menjaga kesehatan dan menekan penyebaran virus Corona. Jangan sampai wabah Covid-19 menghambat pelaksanaan puasa kamu dan  Ibadah harus tetap berjalan agar pahala terus mengalir di bulan penuh berkah.

Belum ada Komentar untuk "6 tips-tips sehat dan produktif Ramadhan di Tengah Pandemi COVID-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel